Jumat, 03 Juni 2016

"ASUHAN KEBIDANAN OLIGOMENORHEA"



KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya sehingga kami berhasil menyelesaikan makalah yang berjudul “ASUHAN KEBIDANAN PADA GANGGUAN MENSTRUASI PADA Nn. R UMUR 19 TAHUN DENGAN OLIGOMENORHEA PADA REMAJA”. Dari makalah ini semoga dapat memberikan informasi kepada kita semua.
Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini.
Akhir kata, kami sampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah berperan tanggung jawab serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Aamiin.



  
BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, dengan lama keluarnya darah haid berlangsung selama 2-8 hari. Tidak semua wanita mengalami siklus menstruasi yang teratur setiap bulannya. Kelainan pada siklus menstruasi dapat berupa polimenorea, oligomenorea ataupun amenorea.
Oligomenorea merupakan suatu keadaan dimana siklus menstruasi memanjang lebih dari 35 hari, sedangkan jumlah perdarahan tetap sama. Wanita yang mengalami oligomenorea akan mengalami menstruasi yang lebih jarang daripada biasanya. Namun, jika berhentinya siklus menstruasi ini berlangsung selama lebih dari 3 bulan, maka kondisi tersebut dikenal sebagai amenorea sekunder.

B.     Tujuan
       a. Tujuan Umum
Untuk mengetahui permasalahan kesehatan reproduksi remaja tentang “Oligomenorea” pada usia remaja
b.  Tujuan Khusus
1.  Mengetahui pengertian, penyebab dan cara pengobatan oligomenorea
2.      Mengetahui komplikasi yang terjadi pada penderita oligomenorea
3.      Mengetahui tentang oligomenorea yang terjadi pada masa remaja
4.      Menjelaskan salah satu kasus oligomenorea dengan pembahasannya
C.     Rumusan Masalah
1.      Apakah yang dimaksud dengan oligomenorea?
2.      Apa penyebab dan bagaimana cara pengobatan oligomenorea?
3.      Apakah komplikasi yang akan terjadi pada penderita oligomenore?
4.      Bagaimana oligomenorea yang terjadi pada masa premenopause?
5.      Bagaimana kasus oligomenorea yang ada di masyarakat?





BAB II
TINJAUAN TEORY
A.    Pengertian
Oligomenorea merupakan suatu keadaan dimana siklus menstruasi memanjang lebih dari 35 hari, sedangkan jumlah perdarahan tetap sama. Wanita yang mengalami oligomenorea akan mengalami menstruasi yang lebih jarang daripada biasanya. Namun, jika berhentinya siklus menstruasi ini berlangsung selama lebih dari 3 bulan, maka kondisi tersebut dikenal sebagai amenorea sekunder.
Oligomenorea biasanya terjadi akibat adanya gangguan keseimbangan hormonal pada aksis hipotalamus-hipofisis-ovarium. Gangguan hormon  tersebut menyebabkan lamanya siklus menstruasi normal menjadi memanjang, sehingga menstruasi menjadi lebih jarang terjadi.
Oligomenorea sering terjadi pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama ataupun beberapa tahun menjelang terjadinya menopause. Oligomenorea yang terjadi pada masa-masa itu merupakan variasi normal yang terjadi karena kurang baiknya koordinasi antara hipotalamus, hipofisis dan ovarium pada awal terjadinya menstruasi pertama dan menjelang terjadinya menopause, sehingga timbul gangguan keseimbaangan hormon dalam tubuh. Pada kebanyakan kasus oligomenorea kesehatan wanita tidak terganggu, dan fertilitas cukup baik. Siklus haid biasanya juga ovulatoar dengan masa proliferasi lebih panjang dari biasanya Oligomenore yang terjadi pada remaja, seringkali disebabkan karena kurangnya sinkronisasi antara hipotalamus, kelenjar pituari & indung telur. Hipotalamus mengatur pengeluaran hormon yang mengatur kelenjar pituari. Kemudian kelenjar pituari akan merangsang produksi hormon yang mempengaruhi pertumbuhan & reproduksi. Pada awal & akhir masa reproduksi wanita, beberapa hormon tersebut dapat menjadi kurang tersinkronisasi, sehingga akan menyebabkan terjadinya haid yang tidak teratur.    

B. Etiologi
Oligomenorrhea biasanya berhubungan dengan anovulasi atau dapat juga disebabkan kelainan endokrin seperti kehamilan, gangguan hipofise-hipotalamus, dan menopouse atau sebab sistemik seperti kehilangan berat badan berlebih. Oligomenorrhea sering terdapat pada wanita astenis. Dapat juga terjadi pada wanita dengan sindrom ovarium polikistik dimana pada keadaan ini dihasilkan androgen yang lebih tinggi dari kadar pada wanita normal.  Oligomenorrhea dapat juga terjadi pada stress fisik dan emosional, penyakit kronis, tumor yang mensekresikan estrogen dan nutrisi buruk. Oligomenorrhe dapat juga disebabkan ketidakseimbangan hormonal seperti pada awal pubertas.         
Oligomenorrhea yang menetap dapat terjadi akibat perpanjangan stadium folikular, perpanjangan stadium luteal, ataupun perpanjang kedua stadium tersebut. Bila siklus tiba-tiba memanjang maka dapat disebabkan oleh pengaruh psikis atau pengaruh penyakit.
Disamping itu, oligomenorea dapat juga terjadi pada :
1.    Gangguan indung telur, misal : Sindrome Polikistik Ovarium (PCOS)Ø
              Stress dan depresi
2.    Sakit kronik
3.    Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)
4.    Penurunan berat badan berlebihan
5.    Olahraga berlebihan, misal atlit
6.    Adanya tumor yang melepaskan estrogen
7.    Adanya kelainan pada struktur rahim atau serviks yang menghambat pengeluaran darah menstruasi
8.    Penggunaan obat-obatan tertentu, dsb.

C. Gejala
Gejala oligomenorrhea terdiri dari periode menstruasi yang lebih panjang dari 35 hari dimana hanya didapatkan 4-9 periode dalam 1 tahun. Beberapa wanita dengan oligomenorrhea mungkin sulit hamil. Bila kadar estrogen yang menjadi penyebab, wanita tersebut mungkin mengalami osteoporosis dan penyakit kardiovaskular. Wanita tersebut juga memiliki resiko besar untuk mengalami kanker uterus.

D. Pengobatan          
Pengobatan oligomenorrhea tergantung dengan penyebab. Pada oligomenorrhea dengan anovulatoir serta pada remaja dan wanita yang mendekati menopouse tidak memerlukan terapi. Perbaikan status gizi pada penderita dengan gangguan nutrisi dapat memperbaiki keadaan oligomenorrhea. Oligomenorrhea sering diobati dengan pil KB untuk memperbaiki ketidakseimbangan hormonal pada pasien yang sudah menikah. Pasien dengan sindrom ovarium polikistik juga sering diterapi dengan hormonal. Bila gejala terjadi akibat adanya tumor, operasi mungkin diperlukan. Pengobatan alternatif lainnya dapat menggunakan akupuntur atau ramuan herbal.  

E. Komplikasi
Komplikasi yang paling menakutkan adalah terganggunya fertilitas dan stress emosional pada penderita sehingga dapat meperburuk terjadinya kelainan haid lebih lanjut. Prognosa akan buruk bila oligomenorrhea mengarah pada infertilitas atau tanda dari keganasan.

F. Oligomenorea pada masa remaja
Oligomenore yang terjadi pada remaja, seringkali disebabkan karena kurangnya sinkronisasi antara hipotalamus, kelenjar pituari dan indung telur. Hipotalamus merupakan bagian otak yang mengatur suhu tubuh, metabolisme sel dan fungsi dasar seperti makan, tidur dan reproduksi. Hipotalamus mengatur pengeluaran hormon yang mengatur kelenjar pituari. Kemudian kelenjar pituari akan merangsang produksi hormon yang mempengaruhi pertumbuhan dan reproduksi. Pada awal dan akhir masa reproduksi wanita, beberapa hormon tersebut dapat menjadi kurang tersinkronisasi, sehingga akan menyebabkan terjadinya haid yang tidak teratur.


G. Penanganan
Pengobatan oligomenore tergantung dengan penyebab, berikut uraiannya:
  1. Pada oligomenore dengan anovulatoir serta pada remaja dan wanita yang mendekati menopouse tidak memerlukan terapi.
  2. Perbaikan status gizi pada penderita dengan gangguan nutrisi dapat memperbaiki keadaan oligomenore.
  3. Oligomenore sering diobati dengan pil KB untuk memperbaiki ketidak seimbangan hormonal.
  4. Bila gejala terjadi akibat adanya tumor, operasi mungkin diperlukan: Adanya tumor yang mempengaruhi pengeluaran hormon estrogen, maka tumor ini perlu di tindak lanjuti seperti dengan operasi, kemoterapi, dll
  5. Pengobatan alternatif lainnya dapat menggunakan akupuntur atau ramuan herbal.







BAB III
TINJAUAN KASUS
KASUS
Nn. R usia 19 tahun mengeluh jarang mendapat haid, haid datang 2 bulan sekali. Lamanya haid kurang lebih 5 hari, tidak ada nyeri yang mengganggu saat haid. Nn. R mengatakan belum menikah dan belum pernah melakukan hubungan seksual.
ASUHAN KEBIDANAN PADA GANGGUAN MENSTRUASI PADA Nn. R UMUR 19 TAHUN DENGAN OLIGOMENORHEA PADA REMAJA
A.      SUBYEKTIF
a. Biodata            
1. Nama                                   :Nn. R
2. Umur                                   : 19 th 
3. Agama                                 : Islam
4. Suku/bangsa                        : Jawa/indonesia         
5. Pendidikan terakhir             : SMA
6. Pekerjaan                             : Mahasiswa   
7. No. Telp.                             : 085643322xxx         
8. Alamat                                 : Jln. Gedongsongo, Ungaran
b. Keluhan Utama
Nn. R merasa siklus dan lama menstruasinya mulai tidak teratur, mengeluh jarang haid. Haid selalu datang terlambat lamanya kurang lebih 5 hari.
c. Riwayat Haid
Menarche      :  14 tahun                                    Teratur/tidak      :  Teratur
Lama haid     :  7 hari                                         Disminorhoe     :  iya
Banyaknya    :  2 x ganti pembalut                     Warna darah      :  Merah
Mulai menstruasi tidak teratur
 Umur                : 18 tahun                              Teratur/tidak     : tidak
Siklus                 : 50 – 60 hari                          Disminorhoe     : iya
Lamanya            : 5 hari                                    Ganti pembalut  : 2x sehari, tidak penuh
d. Data Kesehatan
1. Riwayat Penyakit yang Diderita / Pernah Diderita
TBC                  : Tidak pernah           Peny. Ginjal          : Tidak pernah
Malaria              : Tidak pernah          Diabetes Mellitus  : Tidak pernah
Hypertensi         : Tidak pernah          Peny. Kelamin       : Tidak pernah
Peny. Jantung    : Tidak pernah          AIDS                    : Tidak pernah
2. Riwayat Operasi Yang Pernah Dijalani
SC                         : Tidak pernah
Laparotomi            : Tidak pernah
3. Riwayat Penyakit Keluarga / Keturunan
TBC                  : Tidak ada               Retardasi Mental     : Tidak ada
AIDS                : Tidak ada               Kelainan Darah        : Tidak ada
Hepatitis            : Tidak ada               Peny. Kelamin         : Tidak ada
DM                    : Tidak ada               Kelainan kongenital : Tidak ada
Hypertensi         : Tidak ada               Jantung                  : Tidak ada       
e. Data Kebiasaan Sehari-Hari
1. Nutrisi
Pola makan        :    3 kali sehari
Minum               :    + 6 gelas perhari
Keluhan             :    Tidak ada
Pantangan         :    Tidak ada
2. Eliminasi
BAK                                                           BAB
Frekuensi    :  5 x sehari                              Frekuensi         : 1  x sehari
Warna         :  Kuning jernih                       Warna              : Kuning
Penyulit      : Tidak ada                              Penyulit           : Tidak ada
3. Istirahat dan tidur
Istirahat                             
Siang           : 2 jam/ hari                
Malam         : 8 jam/ hari
Aktivitas     : Kuliah
4. Personal Hygiene
Gosok gigi                          : 2 x sehari
Mandi                                 : 2 x sehari
Ganti pakaian dalam           : 3 x sehari


B.  OBYEKTIF
1.  Pemeriksaan umum
a.  Keadaan umum          : Baik
Kesadaran                   : Compos mentis
BB                               : 47 kg
TB                               : 154 cm
b.  Tanda-tanda vital
Tekanan darah             :110 / 70 mmHg
Nadi                            : 84 ´/menit
Respirasi                      : 22 ´/menit
Suhu                             : 36 ºC
2.  Pemeriksaan fisik
a.  Kepala dan Leher       
Hiperpigmentasi          : Tidak ada     
Mata                            : Conjungtiva tidak pucat, sklera tdk ikterus    
Mulut                          : bersih, tidak ada karies, bibir tdk pucat       
Leher                           : Tdk ada pembesaran kelenjar           

b.  Payudara                                            
Bentuk                        :  simetris
Puting susu                  :  menonjol
Massa/ Tumor              :  tidak ada

C. ASSESMENT
Tanggal 24 April 2016
Jam 15.00 wib
a.    Berikan penjelasan pada Nn. R tentang hasil pemeriksaan.
b.    Memberitahu penyebab Oligomenorea
c.    Memberi KIE tentang cara menjaga kebersihan daerah kewanitannya agar tetap bersih dan kering.
d.   Beri dukungan moril pada Nn. R sehubungan dengan kondisinya.
e.    Beri penjelasan pada Nn. R agar tidak menggaruk daerah kewanitaannya bila merasa gatal.
f.     Memberitahu Nn. R untuk melakukan pemeriksaan di RS untuk melakukan USG, memastikan bahwa tidak ada kelainan pada rahim dan organ genitalianya
g.     Mendokumentasikan.


BAB IV
PEMBAHASAN
A.    Pengkajian
1.      Biodata (umur)
       Nn. R berumur 19 tahun, berdasarkan pada teori sebagian besar waniata pada tahun ini ibu sudah mengalami menstruasi. Tapi pada kasus yang terjadi pada Nn. R , meraka terkadang mengalami menstruasi dengan siklusnya yang tidak teratur.
2.      Keluhan Utama
Nn. R merasa siklus dan lama menstruasinya mulai tidak teratur, mengeluh jarang haid. Haid selalu datang terlambat lamanya kurang lebih 5 hari. Dari keluhan Nn. R yang dikaitkan dengan umur ibu tersebut berdasarkan teori yang telah disampaikan di atas, Nn. R mengalami Oligomenorea yaitu siklus menstruasi memanjang lebih dari 35 hari, sedangkan jumlah perdarahan tetap sama..
3.      Riwayat Haid
Nn. R mulai mengalami perpanjangan siklus menstruasi yaitu yang tadinya 28 hari menjadi lebih dari 35 hari (50-60 hari). Ibu mengalaminya mulai umur 18tahun. Berkaitan dengan hal ini berdasarkan teori di atas Nn. R sedang mengalami oligomenorea yang merupakan siklus menstruasi memanjang lebih dari 35 hari, sedangkan jumlah perdarahan tetap sama.
4.      Riwayat penyakit
          Berkaitan dengan riwayat penyakit, Nn. R belumpernah menderita penyakit seperti Gangguan indung telur, misal : Sindrome Polikistik Ovarium (PCOS), Tumor, Kelainan pada struktur rahim atau serviks, dan Depresi. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa oligomenorea yang dialami Nn. R bukan disebabkan oleh penyakit-penyakit yang telah disebutkan tersebut. Karena dalam teori disebutkan bahwa oligomenorea juga dapat muncul pada wanita yang menderita penyakit tersebut.
5.      Pola pemenuhan nutrisi
            Berdasarkan pengkajian yang telah dilakukan, pemenuhan nutrisi Nn. R termasuk cukup baik. Ibu makan 3X sehari dengan nasi, sayur dan lauk yang mencukupi kebutuhan. Selain itu Nn. R juga sering mengonsumsi buah-buahan dan minum ibu sehari-hari tercukupi dengan baik. Berkaitan dengan pola pemenuhan nutrisi ini, dapat diketahui bahwa Nn. R tidak mengalami gangguan makan (anorexia nervosa, bulimia), dan Nn. R juga tidak mengalami penurunan berat badan yang berlebih. Hal ini dikaji karena oligomenorea pada wanita bisa terjadi pada wanita dengan gangguan makan dan gangguan dalam pemenuhan nutrisi. Kemudian oligomenorea juga bisa terjadi pada wanita yang mengalami penurunan berat badan berlebih akibat diet ketat. Sehingga pada kasus ini dapat disimpulkan Nn. R mengalami oligomenorea bukan disebabkan oleh gangguan makan, gangguan pemenuhan nutrisi dan penurunan berat badan yang berlebih.
6.      Pola aktivitas
            Aktivitas ibu tidak terlalu berat yaitu hanya kuliah setiap hari senin- sabtu. Istirahat Nn. R juga tercukupi dengan baik. Pola aktivitas ini dikaji untuk mengetahui seberapa berat aktivitas yang dilakukan. Hal ini perlu dikaji karena oligomenorea juga dapat terjadi pada wanita dengan aktivitas yang berat, misalnya atlit. Sehingga dari pola aktivitas ini dapat diketahui bahwa Nn. R mengalami oligomenorea bukan karena aktivitas yang berat.
          Dari seluruh pengakajian yang telah dilakukan diatas dapat disimpulkan bahwa Nn. R mengalami oligomenorea karena dia memasuki masa 3 -5 tahun setalah menarche. Hal itu dapat dibuktikan dengan tidak ada indikasi lain yang menyebabkan Nn. R mengalami oligomenorea, seperti :
1.     Nn. R tidak menderita penyakit Sindrome Polikistik Ovarium (PCOS), Tumor, Kelainan pada struktur rahim atau serviks, dan Depresi
2.      Nn. R tidak mengalami gangguan makan
3.      Nn. R tidak melakukan aktivitas berat seperti yang dilakukan oleh atlit
4.      Nn.R tidak mengonsumsi obat-obatan tertentu
          Hal lain yang memperjelas bahwa Nn. R memasuki masa 3-5 Tahun setelah Menarche Wanita yang mengalami oligomenorea akan mengalami menstruasi yang lebih jarang daripada biasanya. Namun, jika berhentinya siklus menstruasi ini berlangsung selama lebih dari 3 bulan, maka kondisi tersebut dikenal sebagai amenorea sekunder.

B.     Rencana Tindakan
Rencana tindakan yang akan dilakukan meliputi :
1.      Menjelaskan kepada ibu tentang apa itu oligomenorea
            Hal ini bertujuan agar ibu tidak merasa khawatir pada kondisi yang dia alami. Dan menjelaskan bahwa oligomenorea yang beliau alami adalah normal dialami pada usinya.
2.      Menganjurkan kepada klien untuk tetap mengonsumsi makanan-makanan yang bergizi
          Hal ini bertujuan agar ibu tidak mengalami penuruan berat badan. Karena apabila penurunan berat badan yang berlebih akan memperparah oligomenorea pada ibu.
3.      Menganjurkan klien untuk periksa ke bidan
          Apabila ibu merasa terganggu dengan sindrom yang beliau alami tidak ada salahnya apabila ibu memeriksakan kondisinya ke bidan agar dapat tertangani dengan baik dan ibu juga bisa mendapat informasi yang lebih banyak tentang masa premenopause dan menopause.
C.     Implementasi
          Hal yang telah dilakukan berdasarkan rencana yang telah dibuat adalah :
1.      Memberikan penjelasan pada ibu tentang apa itu oligomenorea
2.      Memberikan penjelasan sindrom menopause
3.      Memberikan anjuran kepada ibu untuk tetap mengonsumsi pil KB agar mengurangi efek dari sindrom menopause
4.      Menganjurkan ibu makan-makanan yang bergizi, tercukupi karbohidrat, protein, vitamin dan mineral.
5.      Menganjurkan ibu memeriksakan kondisinya pada bidan
D.    Evaluasi
       Evaluasi yang dilakukan adalah bagaimana respon ibu terhadap hal-hal yang telah disampaikan pada saat implementasi. Dari evaluasi didapat bahwa ibu mulai sedikit mengerti tentang apa itu oligomenorea, ibu mengerti tentang sindrom premenopause, terutama sindrom yang sudah beliau alami, ibu akan tetap mengonsumsi pil KB setiap harinya, ibu belum mau memeriksakan kondisinya ke bidan karena sindrom yang beliau alami tidak mengganggu aktivitasnya sehari-hari.









BAB V
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Oligomenorea merupakan suatu keadaan dimana siklus menstruasi memanjang lebih dari 35 hari, sedangkan jumlah perdarahan tetap sama. Wanita yang mengalami oligomenorea akan mengalami menstruasi yang lebih jarang daripada biasanya. Namun, jika berhentinya siklus menstruasi ini berlangsung selama lebih dari 3 bulan, maka kondisi tersebut dikenal sebagai amenorea sekunder.
Gejala oligomenorrhea terdiri dari periode menstruasi yang lebih panjang dari 35 hari dimana hanya didapatkan 4-9 periode dalam 1 tahun. Beberapa wanita dengan oligomenorrhea mungkin sulit hamil. Bila kadar estrogen yang menjadi penyebab, wanita tersebut mungkin mengalami osteoporosis dan penyakit kardiovaskular. Wanita tersebut juga memiliki resiko besar untuk mengalami kanker uterus.

B.     Saran
Petugas kesehatan harusnya lebih rajin untuk memberikan penyuluhan tentang kesehatan reproduksi dan masalah masalah reproduksi pada remaja agar ketika wanita memasuki masa Menarche mereka tidak bingung atau khawatir terhadap kondisi mereka.

DAFTAR PUSTAKA
Bagian Obstetri & Ginekologi Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran Bandung.1981.Ginekologi.Bandung:Elstar Offset
Jones.Derek Llewellyn.1995.Dasar-Dasar Obstetri & Ginekologi Jakarta:Penerbit Buku Kedokteran EGC
Manuaba.Ida Bagus Gde.1998.Memahami Kesehatan Reproduksi Wanita “remaja” .Jakarta:Arcan
Prawirohardjo.Sarwono,dkk.2005.Ilmu Kandungan.Jakarta:Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo
Manuaba.Ida Bagus Gde.1998.Ilmu kebidanan, Penyakit Kandungan, & Keluarga Berencana, Untuk Pendidikan Bidan.Jakarta:Penerbit Buku Kedokteran EGC
http://diarykiranti.com/tag/oligomenore/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar